Pelayanan Perpanjangan STNK 5 Tahun

SARANA DAN PRASARANA
a. Tempat / Lokasi.

  1. 1. Tempat layanan Samsat penerbitan STNK (BBN II) di Samsat Banda Aceh Tgk. Muhammad Hasan Batoh.
  2. Petugas pelayanan Samsat penerbitan STNK (BBN II) terdiri dari yaitu:
    • Loket I – Petugas pendaftaran
      – Petugas peneliti.
    • Loket II – Pembayaran
      – Pengesahan
      – Penyerahan

b. Petugas pelayanan STNK menyiapkan fasilitas pendukung layanan.
Perangkat computer dan kominikasi data, terdiri dari :

  1. CPU dan kelengkapan monitor LCD 17”, keyboard dan mouse, sebanyak 7 (tujuh) unit.
  2. Printer STNK sebanyak 4 (empat) unit dan 2 (dua) unit print TNKB.
  3. UPS sebanyak 7 (tujuh) Unit.
  4. Fasilitas pendukung pelayanan Samsat Pengesahan STNK terdiri dari:
    • Air conditioner / pendingin ruangan dan lemari es.
    • Listrik / Genset.
    • Telepon.
    • Alat pemadam kebakaran.
    • Televisi.
    • WC umum.

JAM PELAYANAN
Petugas pelayanan Samsat penerbitan STNK (BBN II) mempedomani waktu pelayanan:

  • Hari Senin – Jum’at : Pukul 08.30 WIB – 16.00 WIB.
  • Hari Sabtu : Pukul 08.30 WIB – 12.00 WIB.

PETUGAS

  1. Petugas layanan Perpanjangan STNK 5 tahun berjumlah 12 orang terdiri dari:
    • 2 orang petugas loket I.
    • 5 orang petugas loket II.
    • 5 orang petugas Dispenda dan PT Jasa raharja.
  2. Petugas pelayanan Samsat Pengesahan STNK 5 tahun menggunakan seragam:
    • Petugas Polri berseragam dinas (Senin – Jum’at).
    • Petugas Polri berseragam batik (Sabtu).
    • Petugas Dispenda dan PT. Jasa Raharja menyesuaikan dengan seragam masing-masing.

PERSYARATAN
Petugas mengecek persyaratan:

  1. Identitas pemohon dan fotokopi KTP:
    • Untuk perorangan yaitu tanda jadi diri yang sah, bagi yang berhalangan hadir agar melampirkan surat kuasa bermaterai cukup.
    • Untuk badan hukum yaitu salinan akte pendirian keterangan domisili, surat kuasa bermaterai cukup ditandatangani olehpimpinan serta dibubuhi cap badan hukum yang bersangkutan.
    • Untuk intansi pemerintahan (termasuk BUMN dan BUMD) yaitu surat tugas / surat kuasa bermaterai cukup dan ditandatangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap intansi yang bersangkutan.
  2. STNK asli + fotokopi
  3. BPKB asli + fotokopi.

PROSEDUR KERJA PELAYANAN

  1. Loket Informasi.
    • Petugas Informasi melakukan senyum sapa salam kepada masyarakat pemohon;
    • Mengecek Kelengkapan berkas pemohon wajib pajak, dan memberikan informasi kepada masyarakat yang ingin mengecek besaran pajak tahunan yang akan dibayarkan pada komputer layanan cek pajak yang disediakan/moving sign;
    • Mengarahkan pemohon untuk ambil nomor antrian elektronik;
    • Pemilik atau yang diberi kuasa mengajukan permohonan dengan menyerahkan, formulir perpanjangan/pengesahan dan melampirkan syarat-syarat kelengkapan administrasi yang telah ditetapkan kepada petugas loket pendaftaran.
  2. Loket I / Loket pendaftaran (Petugas Polri).
    • Petugas Pendaftaran melakukan senyum sapa salam kepada masyarakat pemohon;
    • Petugas pendaftaran mengecek kembali Kelengkapan berkas pemohon wajib pajak, setelah dinyatakan lengkap,petugas mengarahkan wajib pajak untuk membayarkan biaya PNBP STNK kepada petugas BRI,dan selanjutnya petugas melakukan pendaftaran.
    • Petugas melakukan pendataan identitas pemilik dan Kendaraan Bermotor ke dalam database komputer dan membuka akses data agar terkoneksi dengan petugas penetapan.
    • Petugas pendataan menyerahkan berkas ke petugas Pemda dan PT Jasa Raharja dalam rangka penetapan besaran pajak dan SWDKLLJ untuk diterbitkan SSPD yang selanjutnya berkas diserahkan ke petugas kasir.
  3. Loket II / Loket penelitian berkas dan pengesahan STNK (Petugas Polri).
    • Petugas kasir menerima berkas dari loket I dan melakukan penghitungan besaran biaya PAJAK/BBN/SWDKLLJ yang akan dibayarkan wajib pajak.
    • Setelah melakukan penghitungan, kasir memanggil wajib pajak sesuai nomor antrian untuk melakukan pembayaran PAJAK/BBN/SWDKLLJ.
    • Setelah kasir menerima dana PAJAK/BBN/SWDKLLJ dari wajib pajak,selanjutnya kasir memasukkan data ke komputer pada kasir DPKA Aceh dan berkas diserahkan kepetugas pencetakan SKPD.
    • Petugas dipenda melakukan pencetakan SKPD dan selanjutnya diserahkan ke petugas pencetakan STNK.
    • Petugas melakukan pencetakan STNK.
    • Petugas pencetakan STNK mencatan pada buku register STNK yang sudah dicetak yang selanjutnya diserahkan ke petugas penyerahan.
    • Petugas penyerahan menerima berkas dari petugas pencetakan STNK dan melakukan penggabungan antara STNK dan SKPD dan dan TNKB serta mencatat pada buku register yang selanjutnya untuk diserahkan ke wajib pajak.

KETENTUAN KHUSUS

  • Petugas layanan STNK hanya melayani pemilik kendaraan bermotor sesuai dengan identitas yang tertera kepemilikannya.
  • Petugas pelayanan STNK tidak melayani kendaraan yang sudah diblokir kriminal, blokir laporan jual atau blokir lainnya.
  • Petugas khusus melayani kendaraan bermotor.

WAKTU PELAYANAN

  1. Petugas pelayanan STNK mempedomani waktu pendaftaran dan pembayaran PNBP.
  2. Petugas pelayanan STNK mempedomani waktu dalam entry data dan penyerahan SNTK +15 menit.

BIAYA TARIF PNBP PENGURUSAN STNK :

  1. Perpanjangan STNK Roda-2/3 : Rp. 100.000,-
  2. Perpanjangan STNK Roda-4/Lebih : Rp. 200.000,-
  3. Pengesahan TNKB Roda-2/3 : Rp. 60.000,-
  4. Pengesahan TNKB Roda-4/Lebih : Rp. 100.000,-