Pengesahan STNK (BBN II)

SARANA DAN PRASARANA
a. Tempat / Lokasi.

  1. Tempat layanan Samsat penerbitan STNK (BBN II) di Samsat Banda Aceh Tgk. Muhammad Hasan Batoh.
  2. Petugas pelayanan Samsat penerbitan STNK (BBN II) terdiri dari yaitu:
    • Loket I -Petugas pendaftaran
      – Petugas peneliti.
    • Loket II – Pembayaran
      – Pengesahan
      – Penyerahan

b. Petugas pelayanan Samsat pengesahan STNK (BBN II) menyiapkan fasilitas pendukung layanan.
Perangkat komputer dan kominikasi data, terdiri dari :

  1. CPU dan kelengkapan monitor LCD 14″, keyboard dan mouse, sebanyak 7 (tujuh) unit.
  2. Printer STNK sebanyak 4 (empat) unit dan 2 (dua) unit print TNKB.
  3. UPS sebanyak 7 (tujuh) Unit.
  4. Fasilitas pendukung pelayanan STNK terdiri dari:
    • Air conditioner / pendingin ruangan dan lemari es.
    • Listrik / Genset.
    • Telepon.
    • Alat pemadam kebakaran.
    • Televisi.
    • WC umum.

JAM PELAYANAN
Petugas pelayanan Samsat pengesahan STNK (BBN I) mempedomani waktu pelayanan:

  • Hari Senin – Jum’at : Pukul 08.30 WIB – 16.00 WIB.
  • Hari Sabtu : Pukul 08.30 WIB – 12.00 WIB.

PETUGAS

  1. Petugas layanan Pengesahan STNK 1(satu) tahun berjumlah 12 orang terdiri dari:
    • 2 orang petugas loket I.
    • 5 orang petugas loket II.
    • 5 orang petugas loket Dispenda dan PT Jasa Raharja.
  2. Petugas pelayanan Samsat Pengesahan STNK 1(satu) tahun menggunakan seragam:
    • Petugas Polri berseragam dinas (Senin – Jum’at).
    • Petugas Polri berseragam batik (Sabtu).
    • Petugas Dispenda dan PT. Jasa Raharja menyesuaikan dengan seragam masing-masing.

PERSYARATAN
Petugas mengecek persyaratan:

  1. Identitas pemohon dan fotokopi KTP:
    • Untuk perorangan yaitu tanda jati diri yang sah, bagi yang berhalangan hadir agar melampirkan surat kuasa bermaterai cukup.
    • Untuk badan hukum yaitu salinan akte pendirian keterangan domisili, surat kuasa bermaterai cukup ditandatangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap badan hukum yang bersangkutan.
    • Untuk intansi pemerintahan (termasuk BUMN dan BUMD) yaitu surat tugas / surat kuasa bermaterai cukup dan ditandatangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap intansi yang bersangkutan.
  2. STNK asli + fotokopi
  3. BPKB asli + fotokopi

PROSEDUR KERJA PELAYANAN

  1. Loket Informasi.
    • Petugas Informasi melakukan senyum sapa salam kepada masyarakat pemohon;
    • Mengecek Kelengkapan berkas pemohon wajib pajak, dan memberikan informasi kepada masyarakat yang ingin mengecek besaran pajak tahunan yang akan dibayarkan pada komputer layanan cek pajak yang disediakan/moving sign;
    • Mengarahkan pemohon untuk ambil nomor antrian elektronik;
    • Pemilik atau yang diberi kuasa mengajukan permohonan dengan menyerahkan, formulir perpanjangan/pengesahan dan melampirkan syarat-syarat kelengkapan administrasi yang telah ditetapkan kepada petugas loket pendaftaran.
  2. Loket I
    • Petugas Pendaftaran melakukan senyum sapa salam kepada masyarakat pemohon;
    • Petugas pendaftaran mengecek kembali Kelengkapan berkas pemohon wajib pajak, setelah dinyatakan lengkap,petugas mengarahkan wajib pajak untuk membayarkan PNBP pengesahan kepada petugas BRI,dan selanjutnya petugas melakukan pendaftaran.
    • Petugas melakukan pendataan identitas pemilik dan Kendaraan Bermotor ke dalam database komputer dan membuka akses data agar terkoneksi dengan petugas penetapan.
    • Petugas pendataan menyerahkan berkas ke petugas Pemda dan PT Jasa Raharja dalam rangka penetapan besaran pajak dan SWDKLLJ untuk diterbitkan SSPD yang selanjutnya berkas diserahkan ke petugas kasir.
  3. Loket II
    • Petugas kasir menerima berkas dari loket I dan melakukan penghitungan besaran biaya PAJAK/BBN/SWDKLLJ yang akan dibayarkan wajib pajak.
    • Setelah melakukan penghitungan,kasir memanggil wajib pajak sesuai nomor antrian untuk melakukan pembayaran PAJAK/BBN/SWDKLLJ.
    • Setelah kasir menerima dana PAJAK/BBN/SWDKLLJ dari wajib pajak,selanjutnya kasir memasukkan data ke komputer pada kasir DPKA Aceh dan berkas diserahkan kepetugas print SKPD.
    • Petugas dipenda melakukan pengeprinan SKPD dan selanjutnya diserahkan ke petugas pengesahan.
    • Petugas pengesahan STNK melakukan penempelan stiker pengesahan tahunan dengan membubuhkan paraf dan tanggal pada kolom STNK yang tersedia.
    • Setelah dilakukan pengesahan STNK tahunan petugas menyerahkan berkas ke petugas penyerahan.
    • Petugas penyerahan menerima berkas dari petugas pengesahan dan melakukan penggabungan antara STNK dan SKPD dan mencatat pada buku register yang selanjutnya untuk diserahkan ke wajib pajak.

KETENTUAN KHUSUS

  • Petugas layanan STNK hanya melayani pemilik kendaraan bermotor sesuai dengan identitas yang tertera kepemilikannya.
  • Petugas pelayanan STNK tidak melayani kendaraan yang sudah diblokir kriminal, blokir laporan jual atau blokir lainnya.
  • Petugas khusus melayani kendaraan bermotor.

WAKTU PELAYANAN

  1. Petugas pelayanan STNK mempedomani waktu pendaftaran dan pembayaran PNBP.
  2. Petugas pelayanan STNK mempedomani waktu dalam entry data dan penyerahan SNTK +15 menit.

BIAYA TARIF PNBP PENGURUSAN STNK :

  1. Pengesahan STNK Roda-2/3 : Rp. 25.000,-
  2. Pengesahan STNK Roda-4/Lebih : Rp. 50.000,-