Monday, 20 March 2017

Peduli Korban Laka Lantas, Satlantas Polres Nagan Raya Bentuk Forum Komunitas

Penulis: admin 3



Satlantas Polres Nagan membentuk Forum Komunitas Korban Kecelakaan Lalu Lintas (Laka Lantas). Pembentukan tersebut sebagai bentuk perhatian Satlantas Polres Nagan Raya kepada para korban kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayah Kabupaten Nagan Raya, Senin (20/03/2017).

Pembentukan yang dibuka oleh Kapolres Nagan Raya AKBP Mirwazi, S.H.,M.H. yang diwakili oleh Waka Polres Nagan Raya Kompol Sutan Siregar, S.H yang didampingi oleh Kasat Lantas dan kepala Dinas Sosial Kabupaten Nagan Raya, yang bertempat di Aula Bhara Daksa Polres Nagan Raya.

Dalam sambutannya Kapolres Nagan Raya melalui Waka Polres mengatakan maksud pembentukan komunitas ini adalah untuk membangun kepekaan, kepedulian dan solidaritas bagi korban kecelakaan lalu lintas.

Turut hadir dalam acara tersebut dari Dinas Sosial Kab. Nagan Raya, Kesehatan, Perhubungan, Jasa Raharja, Kepala BPJS, Dokter dan Staf RSUD Nagan Raya.

Kasat Lantas Polres Nagan Raya Iptu Magdinal Frans, SE saat ditanyakan, menuturkan bahwa pembentukan forum itu untuk menindak lanjuti program dari Korps Lalu Lintas dengan tujuan agar masyarakat, khususnya pengguna jalan, lebih berhati-hati dan mematuhi peraturan lalu lintas.

Setidaknya, memberikan peringatan kepada warga supaya tak mengalami nasib serupa seperti yang dialami oleh saudara kita yang menjadi korban kecelakaan. “Pembentukan komunitas ini bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas,” katanya.

Untuk itu, kepolisian dan instansi terkait merangkul para korban kecelakaan lalu lintas untuk turut serta menyosialisasikan tentang pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas dan mengutamakan keselamatan saat berkendara untuk kenyamanan bersama.

“Melalui terbentuknya forum komunitas korban kecelakaan lalu lintas, nantinya para korban kecelakaan dapat menjadi narasumber atau motivator untuk menyampaikan keselamatan berlalu lintas dan memberikan empati kepada korban kecelakaan lalu lintas,” katanya.

Menurutnya, forum itu juga menjadi sarana tukar informasi pada masyarakat untuk tidak ugal-ugalan dan untuk selalu tertib berlalu lintas di jalan serta harus mengutamakan keselamatan diri sendiri dan orang lain. “Melalui komunitas korban kecelakaan ini, ke depan diharapkan kesadaran pengguna jalan dalam mematuhi aturan lalu lintas meningkat, dan meminimalkan angka kecelakaan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut diberikan juga sosialisasi dari Dinas Kesehatan tentang tindakan pertolongan pertama kepada korban laka lantas dan juga diberikan bantuan dari Dinas Sosial berupa alat bantu berjalan (kruk) dan kursi roda kepada dua orang korban kecelakaan lalu lintas yang langsung diserahkan oleh Waka Polres Nagan Raya dan Kepala Dinas Sosial Kab. Nagan Raya. Pemberian tersebut sebagai wujud kepedulian terhadap korban kecelakaan yang mengalami cacat permanen.

//tribratanewsnaganraya.com/peduli-korban-laka-lantas-sat-lantas-polres-nagan-raya-bentuk-forum-komunitas

Komentar