Thursday, 2 November 2017

Operasi Zebra Rencong 2017 Dimulai, Ini Sasaran Polisi yang Paling Sering Dilanggar

Penulis: admin 3

Kepolisian Daerah (Polda) Aceh bersama seluruh jajaran polres di semua kabupaten/kota mulai menggelar operasi Zebra Rencong 2017. Operasi ini akan berlangsung selama 14 hari, terhitung sejak 1-14 November yang akan datang.

Dimulainya operasi tahunan ini, ditandai dengan apel gelar pasukan yang berlangsung di Mapolda Aceh, dan seluruh polres di Aceh, Rabu (1/11/2017).

Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak, saat memimpin apel tadi pagi di Mapolda Aceh mengatakan, selama operasi Zebra Rencong 2017, Polda Aceh mengerahkan sebanyak 780 personel yang akan bertugas di seluruh polres jajaran di semua kabuparen/kota.

Selain polisi, operasi ini juga melibatkan sejumlah personel dari intansi lainnya yang ikut membantu kelancaran giat tersebut.

“Sehingga diharapkan, operasi Zebra Rencong ini dapat berjalan dengan optimal dan berhasil sesuai dengan target serta sasaran yang telah ditetapkan,” kata Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak.

Rio menyebutkan, ada beberapa sasaran atau target polisi dalam operasi Zebra Rencong kali ini, beberapa di antaranya merupakan pelanggaran kasat mata. Adapun pelanggaran dimaksud adalah;

1. Menggunakan lampu rotator atau strobo
Jenis lampu blitz atau lampu warna-warni ini paling sering dipakai di kendaran roda dua maupun roda empat, khususnya kendaraan yang digunakan saat touring. Untuk touring atau perjalanan jarak jauh, lampu dengan bias cahaya yang kuat ini sangat bermanfaat.

Namun, penggunaan jenis lampu tersebut ternyata memiliki undang-undang tersendiri, yang terdapat pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009.

Dimana didalamnya disebutkan, hanya kendaraan tertentu yang bisa menggunakan lampu strobo atau sirine itu, seperti kendaran polisi, pengawalan TNI, tahanan, pemadam kebaran, ambulans, palang merah, rescue, dan beberapa lainnya. Yang jelas tidak dibolehkan untuk kendaraan pribadi.

2. Plat nomor tidak standar
Kebanyakan penggunda mobil atau motor saat ini, sering mempercantik plat nomor agar tampak lebih sporti dan keren.

Sebagian pemilik kendaraan justru lupa dengan standar plat yang bisa digunakan, mereka sering menempah plat dengan bahan yang tidak sesuai dan tidak menggunakan plat nomor yang diberikan pihak kepolisian.

Penelusuaran Serambinews.com, spesifikasi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) disebutkan dalam Perkapolri 5/2012, bahwa TNKB dibuat dari bahan yang mempunyai unsur-unsur pengaman sesuai spesifikasi teknis. Unsur-unsur pengaman TNKB yaitu berupa logo lantas dan pengaman lain yang berfungsi sebagai penjamin legalitas TNKB.

3. Lawan arus
Khususnya di Aceh, hampir saban hari bisa kita temukan dan dilakukan oleh orang-orang yang seyogyanya juga tahu dengan tertib berlalu lintas.

Amatan Serambinews.com, lawan arus adalah salah satu pelanggaran yang paling kerap dilakukan, terutama oleh pengendara roda dua.

Untuk diketahui, sesuai dengan Pasal 287 ayat (1) Undang Undang No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), sanksi untuk pengendara melawan arus adalah, kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu).

4. Tidak pakai helm
Saat ini di sejumlah kota di Aceh, pengendara roda dua sudah semakin disiplin soal menggunakan helm.

Hanya para beberapa pengendara yang masih nakal, dan biasanya dilanggar oleh orang yang duduk di belakang.

Satu hal juga yang harus diketahui, bahwa helm yang digunakan harus berstandar nasional Indonesia.

Hal itu diatur dalam Pasal 57 ayat (1) jo ayat (2) UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang berbunyi : (1) Setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi dengan perlengkapan kendaraan bermotor. (2) Perlengkapan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bagi sepeda motor berupa helm standar nasional Indonesia.

5. Terobos traffic light
Pelanggaran ini juga masih sangat sering dilakukan para pengendara di Aceh.

Sebagian pengendara cukup berani menerobos traffic light pada jam-jam tertentu, padahal semua kendaraan wajib patuh isyarat lampu saat berkendara di jalan raya.

//aceh.tribunnews.com/2017/11/01/operasi-zebra-dimulai-ini-sasaran-polisi-nomor-3-paling-sering-dilanggar

Komentar